Tugas Pengantar Bisnis 3 : Bauran Pemasaran dan Sistem Produksi Perusahaan
BAURAN PEMASARAN
A.
Bauran
Pemasaran Konvensional (5P)
5P adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam
kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market
Anda. 5P ini dapat Anda kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut sebagai penggunaan 'tactical marketing mix'. Berikut adalah ulasan mengenai 5P :
1. Product
Product disini mengacu
pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan
oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product
Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh
klien Anda. Anda dapat menggunakan research and development untuk menginfokan
perkembangan baru dari produk.
2.
Price
Price berhubungan
dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi
klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan
membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya.
Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus
mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
3.
Promotion
Aktivitas promosi yang
patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan,
promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai
taktik marketing.
4.
Place
Place adalah dimana
produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan.
Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat
penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan mudah.
Jika Anda baru memulai
bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik
marketing Anda.
5.
People
People mengacu pada
staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda
sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telah
membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda
juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan
menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan keuntungan
bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan pada
karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap.
Sumber :
http://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/
(diakses tanggal 04/11/2017)
B. Bauran Pemasaran E-Commerce (7P)
Dalam bidang pemasaran tidak hanya permainan harga dan beragam promosi saja yang mempengaruhi penjualan. Komunikasi pemasaran mengenalkan bauran pemasaran yang kini telah diperluas yang semula terdiri dari 4 poin saja menjadi 7 poin yang disingkat dengan 7P. Bauran pemasaran nyatanya membantu para marketer untuk menentukan sasaran yang tepat sehingga penjualan bisa maksimal. Poin-poin dalam bauran pemasaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Product
Tentu saja poin pertama yang ditekankan dalam bauran pemasaran ialah barang atau jasa yang anda jual. Apabila anda menjual barang tentunya harus memiliki kualitas yang baik sehingga dapat memenuhi dan memuaskan kepuasan konsumen anda. Jika yang anda jual adalah jasa tentu dalam penyediaannya memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen anda.
2. Price
Pion selanjutnya ialah price yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan harga. Penetapan harga ini juga mempengaruhi pendapat dan tingkat keuntungan yang anda dapatkan. Tentukan harga sesuai sasaran yang anda tuju, tingkat pelayanan yang anda berikan serta perlu memperhatikan persaingan dengan kompetitor sejenis.
3. Place
Tempat yang strategis nyatanya mampu memberikan keuntungan bagi barang atau jasa yang anda tawarkan. Lokasi yang tepat juga mampu mengurangi biaya marketing yang tak bisa dibilang murah. Selain lokasinya ternyata dekorasi dan desain dari outlet anda juga menarik para pembeli untuk membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan. Menurut penelitian yang didasarkan dari survey efektik mengatakan bahwa area pemasaran berperan penting sebelum anda menentukan lokasi pemasaran.
4. Promotion
Promosi ialah suatu aktivitas menggunakan teknik tertentu dibawah pengendali penjual guna memberikan informasi persuasif untuk menarik pembeli agar membeli atau memakai produk yang ditawarkan. Tujuan dari promosi ini beragam diantaranya ialah memotivasi dan mengajak konsumen untuk membeli produk, memberikan informasi kepada konsumen tentang adanya peningkatan kualias dari produk anda, identifikasi serta mencari konsumen baru, peningkatan jumlah konsumen dan menginformasikan produk baru.
5. People
People yang dimaksud disini ialah karyawan yang memiliki kinerja tinggi sehingga mampu memberikan pelayanan yang memuaskan dan menjaring konsumen setia. Kemampuan karyawan tentunya berpengaruh dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Tidak hanya pengetahuan namun juga karakter karyawan itu sendiri perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan karyawanlah juga menjadi mediator antara perusahaan dengan konsumen anda. Oleh karena itu ketika merekrut karyawan anda perlu melihat penampilan karyawan, suara, tutur kata, body language dan ekspresi wajah serta tentunya pengetahuan karyawan itu sendiri.
6. Process
Perusahaan yang menawarkan jasa perlu memperhatikan process dalam menyampaikan jasa itu sendiri. Hal ini dikarenakan mutu layanan jasa akan sangat dirasakan konsumen saat proses penyampaian jasa tersebut. Disinilah karyawan berperan penting dan memerlukan kompetensi, komitmen serta loyal terhadap perusahaan sehingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Untuk memotivasi karyawan anda bisa memberikan fasilitas kepada karyawan berupa rekreasi, tempat kerja yang nyaman hingga berbagai bonus.
7. Physical Evidence
Dalam physical evidence bangunan menjadi salah satu bentuk fisik serta karakter yang mampu menarik konsumen. Hal ini bisa menjadi poin tambah tersendiri bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Tak heran jika anda kerap menemukan perusahaan yang sangat memperhatikan interior, perlengkapan bangunan, tata ruang yang lapang hingga lighting system yang dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bagi perusahaan jasa yang memiliki sasaran tertentu bangunan juga dibuat agar mampu memberikan suasana ambience sehingga pengunjung memiliki pengalaman tersendiri.
Sumber :
https://www.carajadikaya.com/bauran-pemasaran-7p/ (diakses tanggal 04/11/2017)
SISTEM PRODUKSI PERUSAHAAN
Sistem
Produksi PT Yakult Indonesia Persada
Yakult
merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu
fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990, kapasitas
produksi PT Yakult adalah 3.300.000 botol/hari . Kapasitas yang dilakukan
sesuai dengan permintaan pasar .
Yakult
adalah minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus
casci Shirota strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan
hidup . Yakult terdiri dari 2 jenis yaitu yakult original dan yakult acc.
Yakult original mengandung lebih dari 6,5 milyar bakteri L.casci Shirota strain
sedangkan Yakult acc. Mengandung lebih dari 30 milyar L.casci Shirota strain
ditambah dengan kalsium dan vitamin.
PT Yakult
hanya memiliki satu jenis produk. Selain itu juga, peralatan yang digunakan
memiliki fungsi yang khusus dan pesanan serta panduan kerja sedikit karena
semua sudah tersandarisasi
Dalam
pembuatan Yakult, bahan baku yang digunakan adalah bakteri, susu bubuk,
glukosa, dan air. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah
polysteren, dan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil.
A. Produk
Yakult adalah minuman
susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei Shirota strain yang dapat
mencapai usus dalam keadaan hidup. Satu botol minuman Yakult mengandung bakteri
Lactobacillus casei Shirota strain
yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menekan
pertumbuhan bakteri merugikan di dalam pencernaan.
Manfaat
Lactobacillus casei
Shirota strain yang terdapat dalam minuman Yakult memiliki manfaat untuk
membantu :
1.
Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik
di dalam usus
2.
Menekan pertumbuhan baktri merugikan
3.
Mengurangi racun dalam tubuh
4.
Mencegah gangguan pencernaan seperti,
sembelit atau diare
5.
Meningkatkan kualitas kekebalan tubuh
Bahan Baku
-
Air
-
Sukrosa
-
Susu bubuk skim
-
Dekstrosa
-
Perisa identik alami
-
Kultur bakteri asam laktat
(Lactobacillus casei Shirota strain)
B. Proses
Produksi
Setiap
tahapan proses produksi Yakult harus memenuhi standar internasional secara
ketat dan higienis untuk menjamin kualitas produk, dan proses produksi
dilakukan dengan cara-cara yang ramah lingkungan.
Pabrik Yakult
menggunakan mesin otomatis dan sistem tertutup, yang merupakan standar bagi
seluruh pabrik Yakult di penjuru dunia dan seluruh perlengkapan produk
menggunakan bahan stainless steel terbaik yang berkualitas.
Untuk menghasilkan
produk yang aman dengan kualitas terbaik, Yakult Indonesia menerapkan proses
produksi berdasarkan manajemen keamanan pangan sesuai standar ISO 22000:2005.
Selain itu, perusahaan juga mengambil tindakan lebih lanjut dalam menerapkan
sistem manajemen kualitas sendiri yang ketat berdasarkan standar sertifikasi
tersebut. Dengan demikian, perusahaan telah menciptakan jaminan kualitas yang
tinggi untuk menghasilkan produk yang aman dan berkualitas baik.
Agar menjamin
proses produksi serta penanganan produk Yakult yang benar-benar higienis,
perusahaan menerapkan suatu standar prosedur operasi yang dilakukan. Sebagai contoh,
pintu masuk karyawan dilengkapi dengan pembersih sepatu otomatis. Selain itu,
pintu-pintu di ruang produksi hanya dapat dibuka apabila karyawan telah
mensucihamakan kedua tangannya. Setelah itu, sebelum memasuki ruang produksi,
karyawan kami harus melalui air shower, yang berfungsi untuk mebersihkan
pakaian mereka dari kotoran yang menempel.
Tahap-tahap dalam proses produksi adalah
sebagai berikut :
I. Proses Pembuatan Seed Starter (Proses A)
Skim milk powder Dan Glukosa dilarutkan dengan air
kemudian disterilisasi dan difermentasi dengan penambahan Lactobacillus casei Shirota strain didalam tangki pembibitan (Seed
tank).
II. Proses Pembuatan Susu Fermentasi (Proses B)
1. Susu Bubuk
Skim dan Glukosa dituang ke dalam Silo.
2. Susu Bubuk
Skim dan Glukosa dari Silo Tank selanjutnya dilarutkan menggunakan air panas
didalam Disolving Tank.
3. Setelah
proses pelarutan sempurna, larutan difilter dan ditransfer ke mesin Ultra High Temperature
(UHT) untuk disterilisasi dengan temperatur tertentu. Dari mesin UHT
selanjutnya larutan susu steril ini ditransfer ke Culture Tank.
4. Untuk
mendapatkan warna khas Yakult, susu dipanaskan dengan temperatur tertentu.
5. Proses penambahan
seed starter (lihat proses A).
6. Proses fermentasi
sejak proses seeding sampai didapatkannya suatu susu fermentasi sesuai standar
mutu yang ditetapkan.
7. Susu fermentasi
yang sudah memenuhi standar mutu selanjutnya dihomogenisasi menggunakan mesin
homogenizer.
III. Proses Pembuatan Sirup (Proses B)
1. Sukrosa
(gula rafinasi) dituang ke dalam Silo Tank.
2. Sukrosa
(gula rafinasi) dari Silo Tank selanjutnya dilarutkan menggunakan air panas
didalam Disolving Tank.
3. Setelah
larut sempurna, sirup ditransfer ke mesin HTST (High Temperatur Short Time)
untuk disterilisasi.
IV. Proses Mixing-1 (Proses D)
Proses Mixing-1 adalah proses dimana susu fermentasi
dari mesin Homogenizer (Hasil Proses B) ditransfer ke Storage Tank yang sudah
berisi dengan sirup steril (Hasil Proses C). Hasil dari proses ini disebut
sebagai Yakult Concentrate (YACON).
V. Proses Sterilisasi Air (Proses E)
Air yang sudah mendapatkan perlakuan awal selanjutnya
disentrilisasi dengan mesin ultraviolet (UV) dan ditampung dalam Water Tank.
C. Distribusi
Disamping mengirimkan dan menjelaskan manfaat Yakult, perusahaan
berkewajiban menjaga mutu terbaik produknya. Oleh karena itu, perusahaan
mengawasi langsung penanganan produk sejak selesai diproduksi hingga sampai ke
tangan pelanggan.
Yakult Lady
Agar dapat mengirimkan Yakult dengan
kualitas terbaik dimanapun dan kapanpun, diciptakan sistem pengiriman melalui
Yakult Lady, yang mengantarkan Yakult langsung ke tangan pelanggan walau hanya
1 botol.
Selain mengantarkan Yakult, para
Yakult Lady juga melakukan komunikasi dan memberikan informasi kesehatan kepada
pelanggan, sehingga Yakult Lady disebut pula sebagi “Pusat Informasi Berjalan”.
Sistem Yakult Lady ini tersebar di
pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera, Batam, Bangka, Kalimantan, dan
Sulawesi.
Direct Sales
Untuk menjamin
ketersediaan Yakult di supermarket, minimarket, toko, kantin, dan gerai
lainnya, staff penjualan sendiri mengantarkan Yakult dengan menggunakan
kendaraan berpendingin, ke seluruh wilayah yang tersebar di pulau Jawa, Madura,
Bali, Lombok, Sumatera, Batam, Bangka, Kalimantan, dan Sulawesi.
Selain itu, staff penjualan juga
memberikan penjelasan mengenai manfaat Yakult kepada pelanggan melalui kegiatan
sampling di beberapa supermarket besar, serta penempatan sales promotion di
supermarket untuk memberikan penjelasan kepada pelanggan.
ANALISA
Dari proses-proses produksi di atas kita bisa mengetahui bahwa PT Yakult Indonesia ini masuk ke dalam tipe proses produksi terus-menerus (Continuous Process) yang mana dalam prosesnya hanya menghasilkan satu produk minuman dari bahan mentah sampai dengan barang jadi dengan pola proses produksi yang berurutan sesuai dengan proses yang dijalankan, kegiatan ini akan berjalan terus-menerus dalam jangka yang lama.
untuk hal teknik proses produksi perusahaan Yakult ini masuk ke dalam proses analitis dimana pada pembuatan minuman Yakult ini mengkombinasikan beberapa bahan mulai dari bahan yang satu dengan bahan yang lainnya karena adanya proses pencampuran bakteri sehingga menghasilkan suatu produk yang sudah sesuai dengan standarisasi dan tentu saja sehat.
Sumber :
http://www.yakult.co.id/ (diakses tanggal
05/11/2017)
https://dewikomalasari62.wordpress.com/2012/12/31/proses-produksi-pt-yakult-indonesia-persada/
(diakses tanggal 05/11/2017)
Komentar
Posting Komentar